❱ As-Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah

[ Pertanyaan ]

Apakah telah ternukilkan dari Nabi -ﷺ- (tentang) mengeraskan basmalah saat membaca Alfatihah ketika shalat?

[ Al-Jawab ]

■ Telah datang dari Nabi -ﷺ- bahwasannya ia mengeraskan (bacaan basmalah), namun hadits-hadits bahwa ia memelankannya lebih banyak. Sebagian ulama ada yang mendha’ifkan hadits yang mengeraskan dan menghukuminya sebagai hadits syaadz (menyelisihi kebanyakan perawi yang diterima), dan hadits syaadz tidaklah diamalkan.

■ Lebih dekatnya dikatakan bahwa permasalahan basmalah ini bukanlah khilaf /perselihan yang besar, sekiranya engkau shalat di belakang imam yang mengeraskan (bacaan basmalah), maka tidak perlu engkau mengingkarinya, namun boleh bagimu sekedar bertanya, misal: “Apakah perbuatan itu sunnah atau bukan?”

[✔️] Dan tidak mengapa bagimu sesekali mengeraskan bacaan basmalah saat dirimu mengimami jama’ah yang tidak berpendapat akan sunnahnya memelankan bacaan, demi melunakkan hati.

[↑] Intinya: Telah datang dari Rasul -ﷺ- akan hal itu. Sebagian ulama mengatakan itu dho’if (lemah) karena syaadz, dan sebagian lagi mengatakan itu shohih, namun hadits dengan memelankan lebih banyak”.

?Sumber: Silsilah Liqoatil Babil Maftuh (36)

[ السؤال ]

هل نقل عن النبي -صلى الله عليه وسلم- الجهر بالبسملة في الفاتحة في الصلاة؟

[ الجواب ]

ورد عنه -صلى الله عليه وسلم- أنه جهر لكن أحاديث الإسرار أكثر، وبعض العلماء ضعف ما ورد من الجهر وحكم بشذوذه، والشاذ لا يعمل به.
والأقرب أن يقال: البسألة ليس فيها كبير مخالفة، فلو صليت خلف إمام يجهر بالقراءة – قراءة البسملة- فلا تنكر عليه، لكن لك أن تسأل -مثلاً- هل هي سنة أو ليست بسنة؟ وإذا جهرت بها أحياناً تأليفاً للقلوب إذا صليت بقوم لا يرون الإسرار بها فلا بأس به. المهم ما ورد عن الرسول -صلى الله عليه وسلم- في ذلك، فبعض العلماء قال: إنه ضعيف لأنه شاذ،وبعضهم قال: إنه صحيح لكن الأكثر الإسرار.

?المصدر: [سلسلة لقاءات الباب المفتوح، 36]

Join channel kami di:
?telegram: telegram.me/masjidalmuslimun
?website: www.masjidalmuslimun.org
?YouTube: youtube.com/masjidalmuslimun

?[Audio ] http://zadgroup.net/bnothemen/upload/ftawamp3/od_036_08.mp3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *